Analisis Penerapan Instrumen Strengths And Difficulties Questionnaire (SDQ) Terhadap Deteksi Dini Kejadian Depresi Pada Remaja Di SMA Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.32763/juke.v16i1.684Keywords:
Strengths And Difficulties Questionnaire, Depression, AdolescentAbstract
Latar Belakang: Perubahan perilaku remaja di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan yang dikategorikan sebagai perilaku berisiko atau perilaku menyimpang. Remaja juga mengalami perubahan drastis, dari keadaan yang bergantung pada orang lain (orang tua) menuju masa yang dituntut untuk dapat mengambil keputusan secara mandiri walupun terkadang mengalami kesulitan dan kebingungan. Tantangan ini berpotensi menimbulkan masalah perilaku dan psikososial dalam kehidupan remaja jika mereka tidak mampu mengatasinya. Tujuan: Menganalisis Penerapan Instrumen Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ) terhadap Deteksi Dini Kejadian Depresi pada Remaja di SMA Kota Ternate. Metode: Desain penelitian menggunakan pendekatan Analitik Deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner Strengths and Difficulties Questionnaire (SDQ), data dianalisis secara univariat yang dinyatakan dalam distribusi frekuensi dan persen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa sekolah menengah atas di kota ternate.Hasil: Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data dari 93 responden, bahwa masalah perilaku pro-sosial yang terbanyak adalah responden dengan kategori normal yaitu sebanyak (90,32%), masalah emosional paling banyak responden berada pada kategori normal yaitu sebanyak (61,29%), masalah conduct juga terbanyak pada kategori normal yaitu sebanyak (82,80%), masalah hiperaktivitas juga terbanyak pada kategori normal yaitu (39,7%), namun disusul oleh kategori abnormal sebanyak (34,41%), masalah hiperaktifitas remaja pada proporsi abnormal sebanyak (34,41%), untuk masalah dengan teman sebaya, yang terbanyak proporsinya adalah pada kategori borderline (47,31%), Kesimpulan: Remaja belum memenuhi tugas perkembangan remaja untuk menerima hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya dari jenis kelamin manapun.
References
Ahmadi L, Setyono H, Amri S. Pembelajaran akselerasi. Jakarta : Prestasi Pustaka; 2011.
Ary W, Andayani T, Sawitri D. Hubungan konsep diri dengan penyesuaian sosial siswa kelas akselerasi di smp negeri 2 dan smp pl domenico savio semarang.[cited 2011 July 26]. Available from URL: www.eprints.undip.ac.id/.../HUBUNGAN_KONSEP_DIRI_DENGAN_.URL:www.etd.eprints.ums.ac.id/7298/1/Q100050012.pdf
Badan Pusat Statistik. Sensus penduduk 2010. [cited 2012 Feb 12]. Available from URL : www.bps.go.id.
Bakare M, Ubochi V, Ebigbo P, Orovwigho A. Problem and pro-social behavior among nigerian children with intellectual disability: the implication for developing policy for school based mental health programs. [Internet]. 2010 [cited 2011 Nov 7]; 36:37. Available from: Italian Journal of Pediatrics
Dahlan, MS (2010). Langkah-langkah Membuat Proposal Penelitian Bidan Kedokteran dan Kesehatan,, Seri 3 Edisi 2, Sagung Seto, Jakarta.
Fosco M. Gregory, Stormshak A. Elizabeth, Dishion J. Thomas, Winter Charlotte. Family relationships and parental monitoring during middle school as predictors of early adolescent problem behavior.[Int J Clin Child Adolesc Psychol]. 2012. [cited 2012 August 1]; 41(2): 202–213. Available from: PMC 2012 March 16.
Hartanto F, Selina H. Prevalensi masalah mental emosional pada remaja di kota semarang dengan menggunakan kuesioner kekuatan dan kesulitan (SDQ). Paediatrica Indonesiana. 2011; 51:4.
Hartanto,F. Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH) pada Remaja.[Internet].[cited 15 Juli 2012]. Available from : pediatrics- undip.com/journal/GPPH%20remaja.docx
Hashimoto, S., Onuoha, N.F., Isaka M., Higuchi, N.The effect of adolescents’ image of parents on children’s self-image and mental health.[Internet]. 2011 [cited 2012 July 15]; 16: 186-192. Available from: Child and Adolescent Mental Health.
Kuesioner kekuatan dan kesulitan, the strength and difficulties questionnaire (SDQ). Dalam: Workshop CPD III. Semarang: IDAI; 2010.
Retnowati S. Remaja dan permasalahannya.[ cited 2011 August 1]. Available from URL: http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=remaja%20dan%20permasalahannya&source=web&cd=1&ved=0CB0QFjAA&url=http%3A%2F%2Fsofia- psy.staff.ugm.ac.id%2Ffiles%2Fremaja_dan_permasalahannya.doc
Rylan K.H., Lundervold J.A., Elgen I., Hysing M. Is there a protective effect of normal to high intellectual function on mental health in childreen with chronic ilness? [Intenet]. 2010. [cited 2012 June 21]; 4:3. Available from: Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health.
Sugiono, (2011).Statistik Nonparametris Untuk Penelitian, Edisi 3. CV. ALFABETA Bandung.
Tiffin A.P., Arnott B., Moore J.H., Summerbell D.C. Modelling the relationship between obesity and mental helath in children and adolescent: finding from Health Survey for England 2007. [Internet]. 2011 [cited 2012 July 12]; 5:31. Available from: Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health.
Walker, L. and Hill, A. J. Obesity: the role of child mental health services. [Internet]. 2009 [cited 2012 July 15]; 14: 114-120. Available from: Child and Adolescent Mental Health.
Widyastono H. Sistem percepatan kelas (akselerasi) bagi siswa yang memiliki kemampuan dan kecerdasan luar biasa. [cited 2011 August 1]. Available from URL: www.file.upi.edu/...K.../Inovasi_dalam_pelaksanaan_pendidikan.pdf
Wiguna T. Masalah kesehatan mental remaja di era globalisasi.Dalam : The 2nd adolescent health national symposia: current challenges in management. Jakarta: Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM; 2009. h .62-71.
Williams, B. and Pow, J. Gender differences and mental health: an exploratory study of knowledge and attitudes to mental health among scottish teenagers. [Internet]. 2007 [cited 2012 July 15]; 12: 8-12. Available from: Child and Adolescent Mental Health.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Kesehatan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2021. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium